Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Minta Format

Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Minta Format ternyata tidak semudah mengisinya dengan data-data penting yang sulit untuk dikerjakan. Justru untuk memperbaikinya anda akan menemukan hal yang sulit dan penuh dengan pertaruhan. Banyak yang harus anda korbankan hanya untuk memperbaiki hardisk anda, tentunya jika anda ingin seluruh data atau setidaknya sebagian data penting anda dapat kembali dengan utuh tanpa adanya kerusakan ataupun tanpa kehilangan data.

Hardisk eksternal prinsipnya sama dengan flashdisk yakni sama-sama berfungsi sebagai external storage, namun memiliki satu hal pembeda yang membuatnya harus lebih safety ketika dikeluarkan dari komputer atau laptop anda. Bukan dari segi ukuran atau volume penyimpanannya saja yang beda, ternyata dari struktur bungkusnya pun berbeda. Hardisk eksternal memiliki casing/bungkus yang dilengkapi oleh rangkaian sistem minimum yang berfungsi juga sebagai gerbang masuk lalulintas data. Gerbang masuk itu yang membuatnya lebih aman namun sekaligus sebagai kelemahannya.

Pernahkan anda menemukan bahwa hardisk eksternal anda tiba tiba minta format? Masih untung jika data dalam hardisk itu tidak penting, namun jika penting, pasti anda akan kebingungan untuk menyelamatkan data hardisk anda. Dan itu yang saya alami baru-baru ini. Tidak tanggung-tanggung seluruh data skripsi update terbaru berada dalam hardisk eksternal yang kondisinya minta format. Bingung juga bagaimana cara mengembalikan data di hardisk saya itu. Berbagai cara saya lakukan seperti uraian di bawah.

Berbagai cara memperbaiki hardisk telah saya lakukan sesuai kemampuan saya, mulai dengan memanfaatkan CMD dengan CHKDSK, dengan CMD dengan kode CHKNTFS untuk melindungi data saya agar tidak hilang selama proses memperbaiki, dengan cara manual properties (pernah saya lakukan di flashdisk yang minta format dan berhasil dengan tanpa kehilangan data) sedang untuk hardisk eksternal telah gagal saya lakukan dan terakhir saya coba dengan recovery software adapun saya menggunakan software Tesdrive versi terbaru (saya uji coba terhadap flashdisk, memang hasilnya ada namun jumlahnya yang besar membuat saya mengurungkan niat ini. Tidak bisa dibayangkan data flashdisk saya format berukuran 700MB lalu saya recover dengan software itu dan saya terkejut melihat hardisk internal saya penuh karena data yang dibalikkan itu encapai 32GB). Sampai sekarang saya masih bingung bagaimana mengembalikan data penting saya, mungkin dibawah nanti ada solusi dari saya untuk memperbaiki hardisk eksternal anda yang minta format.

memperbaiki hardisk eksternal minta format

Entah mengapa cara memperbaiki hardisk yang saya lakukan gagal sedang dibeberapa artikel lain cara ini berhasil dilakukan. Jujur saya tidak berhasil dengan cara ini dalam memperbaiki hardisk yang minta format, namun adan bisa coba jika anda penasaran. Kabar dari artikel lain bahwa cara ini pernah dilakukan dan pernah berhasil dan ada juga yang tidak. Untuk memperbaiki hardisk eksternal dengan cara ini anda membutuhkan waktu luang yang cukup lama, saya pernah coba proses ini berlangsung selama 13 Jam dan tidak membuat hardisk saya normal. Namun ada juga yang melakukannya 3 jam, katanya mereka berhasil. Agar tidak penasaran silahkan coba dengan cara:
  1. Cek berada dipartisi apakah hardisk anda, E / F / G ataukah I, mungkin itu tergantung partisi di komputer atau laptop anda.
  2. Klik Start, jika anda menggunakan windows 7 maka anda bisa ketik cmd lalu enter. Untuk windows versi lainnya silahkan anda masuk ke CMD.
  3. Lalu anda ketik CHKDSK spasi /r /f L: (L adalah lokasi partisi hardisk anda.)
  4. Lalu enter, tunggu hingga proses selesai. Hasilnya bisa dilihat berhasilkah hardisk eksternal anda diperbaiki ataukah sebaliknya.
Cara memperbaiki hardisk eksternal yang kedua adalah dengan cek properties dari hardisk eksternal anda, berikut caranya seperti dalam gambar:
cara memperbaiki hardisk eksternal dengan manual properties

Jika hardisk anda berhasil di check maka kondisi hardisk anda pasti kembali normal, hal ini pernah saya lakukan dulu dan berhasil, namun kondisi sekarang hardisk eksternal saya tidak dapat di check dan hasilnyapun tidak memuaskan. Coba hardisk anda cek, jika berhasil di cek berarti itulah cara tepat anda dan anda terselamatkan dengan hardisk eksternal anda kembali berfungsi normal.

Cara terakhir yang saya gunakan adalah recovery software dengan hasil yang tidak memuaskan seperti yang telah diuraikan di atas. Saya beritahu bahwa seluruh file berbentuk aplikasi, video, dan foto tidak akan pernah bisa anda buka kecuali data berbentuk word. Itupun volumenya menjadi besar, pengalaman saya data flashdisk 700MB menjadi 32GB sehingga tidak saya rekomendasikan.

PENTING!!!
Nah cara yang paling tepat anda lakukan untuk memperbaiki hardisk eksternal anda yang selalu minta format adalah dengan cara memberikannya kepada ahlinya. Kejadian ini pernah saya alami 6 bulan lalu, ketika itu saya coba tanya ke ahlinya dan dengan modal 50rb hardisk saya berpenampilan baru dengan data aman tanpa ada yang hilang satupun, semua aplikasi jalan dan tentunya saat itu saya benar benar tertolong. Dan sayapun akan melakukannya lagi. Cara cara di atas saya lakukan karena penasaran ingin bisa ternyata masalahnya bukan di driver/setting hardisk melainkan di casing/bungkus hardisk eksternal anda. Salah satunya IC yang ada di bungkus rusak karena tidak safety saat mencabut kabel hardisk. Kalau sudah rusak IC nya silahkan anda ganti dan hardisk eksternal anda pasti jalan kembali dengan normal tanpa adanya peringatan minta format ataupun local disk di partisi hardisk anda.

Itulah cara terbaik untuk memperbaiki hardisk eksternal anda yang rusak dan minta format dengan peringatan local disk atau data corrup dan sebagainya. Semoga bermanfaat bagi anda.

 https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=7179485636336296689#editor/target=post;postID=7133957871207439175;onPublishedMenu=allposts;onClosedMenu=allposts;postNum=93;src=link